"Berbahagialah"



Hai Readers…

Kali ini saya akan membahas sebuah buku yang berjudul “Berbahagialah” yang ditulis oleh DR. AIDHAL-QARNI, yang diterbitkan oleh Penerbit AL QALAM yang entahlah di terbitkan pada tahun berapa karena buku ini saya temukan di sederetan buku yang berada di Perpustakaan sekolah.

Buku ini berisi kata-kata semangat juga firman-firman ALLAH SWT yang begitu membuat saya tertarik untuk membagikan beberapa kata-kata yang menurut saya sangat bagus, ya maaf saja bila ada kata-kata yang salah dalam pengetikan. Berikut adalah kata-katanya :

Apa yang telah lewat itu tidak akan kembali, dan apa yang telah hilang itu berarti mati, maka janganlah anda pikirkan apa yang telah lewat, karena dia telah hilang dan telah lennyap.

Jika engkau berada dipagi hari, maka jangan tunggu hingga sore hari, hiduplah dalam batasan hari itu, dan fokuskanlah konsentrasi anda untuk memperbaiki kondisi hari anda pada saat itu.

Tinggalkanlah masa depan hingga dia datang, dan jangan pikirkan hari esok karena jika anda memperbaiki hari ini niscahya hari esok anda akan menjadi baik.

Buku adalah teman yang paling baik, maka temanilah buku-buku, jadikanlah sahabat ilmu, dan kawinilah pengetahuan.

Keluarlah ke tanah lapang, nikmatilah kebun-kebun yang indah, dan perhatikanlah ciptaan ALLAH SWT dan kreasi Sang Khaliq dalam semesta.

Bacalah sejarah dan perhatikanlah keajaiban-keajaibannya, tadabburilah keanehan-keanehannya, serta nikmatilah kisah-kisah dan hikayatnya.

Perbaharuilah kehidupan anda, variasikanlah cara-cara hidup anda, dan ubahlah rutinitas yang anda jalani sehari-hari.

Bersyukurlah kepada Rabb-mu atas nikmat agama, akal, kesehatan, nama baik, pendengaran, penglihatan, rezeki, keturunan, dan lainnya.

Bertawakallah kepada ALLAH SWT, dan serahkanlah segala urusan kepada-Nya, ridhalah terhadap hokum-Nya, mengaduhlah kepada-Nya, dan berpeganganlah kepada-Nya, karena Dialah yang mencukupi-Mu.

Maafkanlah orang yang menzalimimu, sambungkanlah tali silaturrahim orang yang memutuskan silaturrahimnya denganmu, berilah orang yang tidak pernah memberim, dan bersikap lembutlah kepada orang yang berbuat buruk kepada anda, niscahya anda akan mendapatkan kebahagiaan dan keamanan.

Merasa puaslah dengan bentuk tubuh anda, potensi anda, pendapatan anda, keluarga anda, dan rumah and, niscahyaanda akan peroleh kedamaian dan kebahagiaan.

Ketahuilah bahwa bersama kesulitan itu terdapat kemudahan, dan jalan keluar itu akan datang setelah kesempitan, karena suatu kondisi itu tidak akan tetap selamanya, dan hari-hari kejayaan itu akan dipergilirkan.

Bergembiralah dengan pilihan ALLAH SWT bagimu, karenanda tidak tahu kebaikan yang sebenarnya bagi anda, dan bisa saja kesulitan itu lebih baik bagi anda dari pada kemudahan.

Ketahuilah bahwa anda bukanlah satu-satunya orang yang mendapatkan bencana, tidak seorang pun yang aman dari kegelisahan, dan tidak seorang manusia pun yang terbebas dari kesulitan.

Ketahuilah bahwa kesulitan-kesulitan itu akan membukakan pendengaran, penglihatan, dan menghidupkan hati, menundukkan nafsu, membuat ingat hamba, dan menambahkan pahala.

Kebanyakkan yang ditakuti itu tidak terjadi, kebanyakkan dari kesulitan yang pernah didengar itu tidak terbukti, dan kepada ALLAH SWT terdapat segala kecukupan, Dialah yang menjaga, dan kepada-Nyalah kita meminta pertolongan.

Berwajah cerahlah kepada orang lain niscahya anda akan meraih cinta mereka, dan berkata lembutlah kepada mereka niscahya mereka akan mencintai anda, dan bersikap tawadhulah kepada mereka niscahya mereka akan memuliakan anda.

Lihatlah orang yang berada dibawah anda dalam masalah fisik, bentuk wajah, wajah, harta, rumah, pekerjaan, dan keturunan sehingga anda akan mengetahui bahwa anda berada diatas ribuan manusia.

Dahuluilah untuk memberi salam kepad orang lain, sapalah mereka dengan senyuman, berikanlah perhatian kepada meraka, sehingga anda akan menjadi sosok yang dicintai mereka dan dekat dengan mereka.


Tiga teman yang harus dimiliki: kegembiraan, ketenangan, dan semangat yang tinnggi. Tiga musuh yang harus engkau jauhi, yaitu sifat pesimis, bimbang, dan putus asa.

Sejarah hidupmu sangat ditentukan oleh seberapa besar dank eras kemauan, kesungguhan, dan latihan dalam menjalani hidup yang engkau miliki. kemuliaan tidak datang dengan sendirinya akan tetapi diraih dengan usaha keras dan pengorbanan.

Waspadalah dengan sifat benci karena dia adalah pintu kesedihan, kesusahan, dan kesulitan, juga menghancurkanhati, menutup pikiran, memperpendek umut, dan sebuah kepribadian yang buruk.

Kemuliaan  tidak bisa diukur dengan keturunan, gelar, atau tingkat pendidikan. Tetapi orang yang memiliki usaha yang keras, ketabahan, keaktifan, dan kesabaranlah yang akan dapat meraih kemuliaan tersebut.

Orang yang tidak bahagia berad dirumah maka tidak akan bahagia di tempat lain. Ketahuilah! Sesungguhnya sebaik-baik tempat untuk menentramkan diri, menenangkan pikiran, dan menjauhkan dari beban hidup adalah rumah.

Orang buta sangat berharap untuk bisa melihat alam. Orang tuli berkeinginan besar untuk bisa mendengar suara-suara. Orang yang lumpuh sangat bercita-cita untuk bisa melangkah, dan orang yang bisu sangat berharap bisa berkata-kata. Kenapa bersedih padahal engkau bisa melihat, mendengar, berjalan, dan berbicara.

Senyum adalah sihir yang diperbolehkan. Dia juga adalah cerminan dari rasa kasih sayang, pemberitahuan terhadap persaudaraan , surat kilat yang membawa kedamaian dan kecintaan, dan sedekah yang paling diterima sekaligus menunjukkan bahwa orang yang tersenyum itu sedang dalam keadaan tenang dan lapang dada.

Terimalah dirimu apa adanya. Sangat penting bagimu untuk beljar menghargai diri sendiri serta yakin dengan apa yang akan dilakukan. Selain itu, tidak usah menghiraukan kritik atau komentar miring yang diarahkan orang terhadapmu selama engkau yakin tetap konsisten di jalan yang benar. Hal ini dikarenkan kebahagiaan yang ingin diraih justru akan lenyap jika dirimu malah dihinggapi keraguan dan rasa bersalah terhadap kebenaran yang dilakukan.

Teruskanlah menyibukkan siri dan secara cerdas mencari kegiatan-kegiatan positif baru yang dapat engkau kerjakan. Dengan menyibukkan diri melakukan hal-hal yang berguna maka engkau akan merasakan kebahagiaan lebih besar. Ketahuilah bahwa kebiasaan bermalas-malasan hanya kan menghasilan kerugian.

Jika seseorang dapat memahami dan menghayati takdir ALLAH SWT. Untuknya, maka dia akan merasa sabar dan lapang dada dalam menjalani kesulitan hidup juga tidak bersedih dan kecewa ketika dtimpa musibah. Lebih dari itu, dia akan dapat merasakan besarnya kasih sayang ALLAH SWT. Kepadanya juga bergembira dengan pahala besar yang akan diterimanya kelak.

Bebapa banyak hal yang engkau takuti kedatangannya justru diiringi oleh baikan dibelakangnya. Berapa banyak hal-hal yang membahagiakan  tidak terlihat secara langsung kerena dibungkus oleh kesusahan.

 Yakinlah dengan diri anda, dan jangan bergantung kepada orang lain. Pasanglah sikap dalam diri anda untuk membantu orang lain bukannya meminta dibantu. Dan anda hanya memiliki ALLAH SWT sebagai penolong anda, dan jangan merasa tertipu dengan banyaknya teman-teman pada saat senang.

Jangan buat gambira musuh-musuh anda dalam kemarahan anda dan kesedihan anda, karena hal inilah yang merwka kehendaki. Maka janganlah mewujudkan angan-angan besar mereka itu dalam menyulitkan kehidupan anda.

Setelah lapar itu datang rasa kenyang, setelah haus itu datang rasa basah karena minuman, setelah sakit itu datang kesembuhan, setelah miskin itu datang kaya, kegelisahan itu digantikan dengan kebehagiaan. Semua ini merupakan hokum ALLAH SWT yang berlaku dalam semesta.

Berbicara dengan teman akan menghilangkan kesedihan, humor yang polo situ menyenangkan hati, dan mendengarkan syair itu menghibur jiwa.

Hamba ALLAH SWT yang paling berbahagia disisi ALLAH SWT adalah orang yang paling banyak memberikan kebaikan kepad orang lain, yang paling berjasa kepada rekan-rekannya, serta orang yang paling baik dalam mensyukuri hal itu.

Jika anda jatuh dalam kesulitan, maka ingatlah berapa banyak kesulitan yang pernah anda lewati dan ALLAH SWT telah menyelamatkan anda darinya. Meka ketika itu anda akan mengetahui bahwa ALLAH SWT  yang telah menyelamatkan anda pada kesulitan-kesulitan sebelumnya tentu akan menyelamatkan anda pada kesulitan berikutnya.

Kehidupan yang sempurna adalah ketika anda menggunakan masa muda anda untuk mengejar cita-cita anda, masa dewas anda untuk berjuang dan masa tua anda untuk merenung.

Sebaik-baiknya sahabat adalah orang yang anda percayai, anda merasa damai dengannya, anda dapat mengadukan kepadanya kesulitan anda, dia dapat menceritakan kepad anda kesulitannya, dan tidak membocorkan rahasia anda.

Orang- yang tidak bahagia di rumahnya tidak akan berbahagia di tempat lain. Orang yang dicintai keluarga niscahya tidak akan dicintai siapa pun. Orang yang menyia-nyiakan hari ini maka dia akan menyia-nyiakan hari esoknya.

Jadikanlah sahabat sejatimu adalah pena; saluran penumpahan ide-idemu adalah tinta; teman bermainmu adalah buku; istanamu adalah rumahmu; dan simpanan kekayaanmu adalah tenanga atau masa sehatmu. Jangan hiraukan hal-hal yang telah berlalu.

Dirimu masih bisa berjalan diatas telapak kaki padahal di saat yang sama banyak telapak kaki yang bunting. Engkau masih bisa berdiri tegak dengan betismu padahal banyak orang yang betisnya harus diamputasi. Engkau masih bisa tidur dengan nyenyak padahal banyak orang yang disekelilingmu yang tengah mengerang kesakitan. Engkau juga masih bisa makan dengan kenyang padahal saudara-saudaramu ditempat lain tengah kelaparan. Kenapa tidak bersyukur ?

Kedua telingamu masih bisa mendengar. Kedua matamu masih bisa melihat. Lidahmu masih bisa berkata-kata.selain itu, tubuhmu terbebas dari berbagai penyakit fisik dan jiwamu sehat. Apakah semua kenikmatan itu sudah engkau syukuri ?

Manusia  yang paling celaka adalah yang tidak memiliki jati diri. Sedangkan orang yang paling merugi adalah yang tidak rela dengan takdir, mengeluh terhadap rezeki yang telah ditakdirkan, dan selalu sempit hatinya.


 
Terima kasih telah berkunjung My Readers :)


Komentar