Kata Ajaib "SEMANGAT!!"





Haii… Readers!!

Kali ini akan bahas tentang hal yang paling WOW!! banget, menurut saya sendiri dan mungkin sebagian orang didunia ini. Yap!! Kata itu adalah SEMANGAT!.  Saya pun lupa tepatnya kapan kata itu buat saya terhipnotis, tapi seingat saya 5 bulan terakhir ini kata itu mempengaruhi hidup saya. Kata yang pasti sudah familiar ditelinga orang Indonesia karena tentu di berbagai Negara kata itu diucapkan dengan bahasa Negara masing-masing.

Apa itu “SEMANGAT!” ?
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) SEMANGAT itu adalah, :
1.      Roh kehidupan yang menjiwai segala makhluk, baik hidup maupun mati.
2.      Seluruh kehidupan batin manusia.
3.      Isi dan maksut yang tersirat dalam suatu kalimat ( perbuatan, perjanjian, dsb).
4.      Kekuatan ( kegembiraan, gairah ).
5.      Perasaan hati.
6.      Nafsu ( kemauan, gairah ) untuk bekerja, berjuang dsb.

Tapi menurut saya, sepertinya berbeda. Bagi saya kata SEMANGAT! Itu adalah kata yang selalu saya ucapkan ketika sedang down atau lagi males-malesnya untuk melakukan hal yang semestinya saya lakukan. Yang akan membangkitkan keteguhan hati yang sempat bungkuk karena kecapean dalam melaluinya. Mengisi kembali tank kekuatan dengan kata ajaib ini, yang hanya beberapa huruf diucapkan 3 kali akan mengisi penuh kekuatan kembali hahah :D

BENTUK-BENTUK “SEMANGAT!”:
Sebenernya banyak bentuk-bentuk SEMANGAT! Tapi saya akan menyebutkan beberapa saja, dan diharapkan saat membaca ini memegang perut sendiri jangan orang lain :


1.      Semangat Dari Diri Sendiri
Cara ini sanagt-sangat simple banget, kamu Cuma perlu ngomong sama diri kamu sendiri.terserah mau memekai bahasa hati atau bahasa planet yang penting diri kamu sendiri ngerti atas semangat yang kamu kasih dan kamu tanamin sama diri kamu. Cara 2 yang simple dan pasti bisa selalu kamu lakuin adalah berdiri didepan kaca dan ungkapin kata-kata yang buat kamu semangat dan terus berjuang dalam jalan yang kamu sudah pilih, janji sama diri kamu sendiri kalau kamu akan terus semangat, berusaha dan berdoa. Sebab janji yang paling berpengaruh besar dalam janji kepada orang lain dimulai dari janji terhadap diri kamu sendiri.

2.      Semangat Dari Diri Sendiri (2)
Cara ini mungkin akan bagus untuk diri kita sendiri yang engga sengaja menyelipkan pada sebuah kata, tapi gak selalu dengan orang lain seperti, “Semoga hari ini bisa! Semangat!”. Bisa saja orang lain akan berpikir, “Idih.. orang ini mau banget kayaknya disemangatin” Atau engga “Ini orang caper banget sih” dan akan jadi bahan omongan orang yang engga-engga. Bahkan saya pernah liat status seseorang di Facebook yang bilang, “Aduhh.. gak semangat nih. Semangatin dong…”. Duh kesannya gimana gitu. Jijik. Hahahaha. Dan bisa aja mereka yang ingin semangatin diri dalam setiap langkah mereka menempelkan selembaran pada setiap jalan yang mereka lewati hahaha mau semangatin diri atau mau promosi kan bisa buat pencemaran pandangan juga hahah.

3.      Semangat Dari Orang Terdekat
Ini yang lebih sering, dari keluarga ataupun dari sahabat. Kekuatannya bisa menambah tank semangat atau bahkan jadi bahan cadangan bila tiba-tiba tank yang sudah kita ini sendiri dengan kekuatan sendiri sudah habis. Kata yang diberikan Keluarga ataupun sahabat bisa menambah sampai 50% dan sangat-sangat berpengaruh. Dan termasuk juga pacar.

4.      Semangat Dari Gebetan
Senang banget pasti di semangatin sama gebetan, malah bisa-bisa memenuhi tank hingga 100% atau sampe tumpeh-tumpeh.  Karena gebetan yang sifatnya gak menentu ini, kemungkinan menyebabkan kebocoran secara tiba-tiba. So harus hati-hati dengan semangat yang diberikan sang gebetan hahah.

Dari pembekalan sebelum Prakerin, sekolahan saya kedatangan seorang Master sekaligus Motivator bagi saya. Sayangnya saya lupa namanya. Saya hanya mengutip beberapa kata yang sangat cocok dengan apa yang sedang kita bahas saat ini, dan gak akan keluar jalur.

“Semangat itu menular!”
Menurut saya itu benar, karena hanya karena kita melihat orang lain semangat kita akan ikut semangat. Sama halnya dengan melihat orang lain senyum ataupun bahagia, kita akan secara otomatis dapat merasakan apa yang orang lain rasakan termasuk Semangat yang bisa juga menular. Karena kita punya empati yang cukup peka terhadap lingkungan sekitar yang akan berdampak langsung pada diri kita sendiri.

“Semangat itu teman perjuangan!”
Kutipan yang saya buat sendiri. Kenapa ? karena kata ini yang selalu menemani saya dalam setiap langkah dalam setiap permulaan sesuatu, prosesnya dan pada akhirnya yang akan melanjutkan lagi pada tingkat-tingkatnya. Yang akan selalu saya ucapkan ketika si pengganggu mulai menggoda saya untuk menyerah.

Mungkin sekian dari saya, terima kasih sudah membaca dan berkunjung



Komentar