Do You Know ? #02



Pencemas (The Sceptic)
Tipe ini dimotivasi oleh kebutuhan akan rasa aman. Sedangkan tipe seorang pencemas yang kontra fobia akan melawan rasa takut mereka.
Yang terbaik dari tipe ini adalah mereka yang setia, disukai, perhatian, hangat, berbelas kasihan, cerdas, praktis, suka membantu, dn bertanggung jawab. Dan yang terburuk yaitu mereka yang terlalu khawatir, cenderung menguasai, tidak bisa diduga, menghakimi, paranoia, defensive, kaku, bisa destruktif, terhadap diri sendiri, dan mudah kesal.
Susahnya jadi tipe ini adalah sikapnya yang kerap maju mundur terus saat memutuskan pendapat, menunda-nunda pekerjaan karena takut gagal atau terlalu percaya diri, mereka takut diabaikan atau dimanfaatkan orang lain, mereka juga biasa melelahkan diri sendiri dengan kekhawatiran dan kewaspadaan akan munculnya masalah dan terlalu mengkritik diri sendiri. Tipe ini berharap memiliki buku tuntunan langkah demi langkah agar dapat mengerjakan segala sesuatu dengan sebenar-benarnya.

--Tipe ini mungkin terlalu sangat takut ada yang salah, dan menginginkan semuanya berjalan dengan baik namun dalam prosesnya itu SAG kadang memikirkan hal-hal negative yang akan terjadi dan itu sebabnya selalu mencemaskan semuanya. SAG takut untuk diabaikan, tidak dianggap dan kemungkinan-kemungkinan buruk lainnya yang bisa saja terjadi.—

Petualang ( The Enthusiast)
Tipe ini dimotivasi oleh kebutuhan untuk merasa gembira dan merencanakan kegiatan-kegiatan menyenangkan, memberi sumbangsih bagi dunia, dan menghindari penderitaan dan kesedihan.
Sisi terbaik dari tipe ini adalah mereka yang menyenangkan, spontan, imajenatif, produktif, antusias, gesit, yakin, mempesona, dan selalu ingin tau.  Yang terburuknya adalah mereka yang narsistik, impulsive, tidak focus, memberontak, tidak disiplin, posesif, maniak, merusak diri, da berubah-ubah.
Mereka tidak suka ada yang berusaha mengubah gayanya, meski itu seorang terdekat sekali pun, mereka ingin diterima apa adanya.
Hal yang paling menyusahkan menjadi tipe petualang ini adalah mereka selalu merasa tidak punya cukup waktu untuk melakkukan semua yang mereka sukai. Kerena kejenuhan, mereka kerap tidak menyelesaikan pekerjaan yang telah dimulainya. Mereka bahkan bisa merasa dibatasi saat menjalin hubungan special dengan satu orang.

--Ini gak terlalu masuk dalam tpe SAG sih tapi ada dikit, rada tenggelam dalam diri SAG. Mungkin yang dimiliki SAG dalam tipe ini adalah terlalu petualang dalam pikiran dan ide yang menyebabkan setiap kali mau nulis itu selalu terkendala dengan mood dan ide yang kadang itu suka tiba-tiba datang terus pas gak mood ada ide lagi padahal yang sebelumnya belum finish baru setengah jadi. Dan yang kedua adalah selalu ingin tau alias kepo, pengen tau semua hal yang tersirat dan tersurat yangada didunia ini. maunya sih jadi traveler tapi uangnya….? Waktunya…. ? apa gak sayang waktunya Cuma buat jalan-jalan yang uangnya bisa aja buat usaha atau kuliah ? waktunya apa gak ada untuk rencana masa depan?.—

Penjuang ( The Challenger)
Tipe pejuang ini dimotivasi oleh kebutuhan untuk dapat mengandalkan diri sendiri, menjadi kuat, dan terhindar dari kesan lemah atau bergantung pada orang lain. Mereka memiliki sisi kepribadian yang terbaik sebagai orang yang selalu berterus terang, bisa memegang kendali, setia, energik, realistis, protektif, dan penuh percaya diri. Tipe ini juga memiliki sisi buruk, mereka bisa cenderung untuk menguasai, memberontak, tidak sensitive, mendominasi, egosentris, skeptic, dan agresif.
Mereka disenangi olah banyak orang kerena mereka mandiri, dan mengandalkan diri sendiri. Mereka juga mampu memegang kendali dan tidak takut pada tantangan. Mereka adalah orang-orang yang berani, terus terang, dan jujur dalam meraih kesenangan sebanyak mungkin dari hidup ini. mereka senantiasa mendukung, membesarkan hati, dan melindungi siapa saja yang dekat dengannya, mereka dapat mempertahankan alasan-alasan yang benar.
Susahnya jadi tipe ini, terutama wanita kadang dianggap ‘maskulin’, mereka juga sering membuat orang kesal akibat ketidak sensitifannya dan membuat orang lain menjauhkan diri tanpa ia sengaja. Mereka cenderung tidak tenang dan tidak sabar bila melihat ketidakmampuan orang lain.
Tipe pejuang tidak akan melupakan sakit hati dan kezaliman, mereka gampang naik darah jika ada orang yang tidak mematuhi peraturan atau ketika keadaan menjadi tidak beres.
--Inipun tidak terlalu tipe SAG hahah karena hanya sedikit poin yang SAG miliki di tipe ini. salah satunya adalah karena tidak sensitive, dan akan sangat marah ketika ada orang yang tidak mematuhi peraturan. Hihi mungkin ini aja yang SAG comen karena tipe ini tenggelam dalam diri SAG, lagi pula ini hanya penilaian setengah dari diri SAG dan sisinya dapat dinilai atau ditentukan tipenya oleh orang lain—

Pendamai (The Mediator)
Tipe ini dimotivasi oleh lebutuhan untuk menjaga kedamaian, menyatu denngan orang lain dan menghindari konflik. Tipe ini memiliki kepribadian  beragam, mulai dari perangai yang halus dan lembut hingga mandiri dan kuat.
Sisi terbaik dari tipe ini adalah bahwa mereka menyenangkan, tenang, murah hati, sabar, menerima, diplomasi, berfikiran terbuka. Sedangkan yang terburuknya adalah mereka yang terasing, pelupa, keras kepala, obsesif, apatis, pasif-agresif, tidak asertif.
Susahnya menjadi tipe pendamai adalah mereka biasa dihakimi dan disalah pahami sebagai orang yang lembek dan tidak tegas. Terhadap dirinya sendiri, mereka selalu mengkritik dan menganggap karakternya kurang bisa mengambil inisiatif dan berdisiplin. Mereka terkadang bingung tentang apa yang sebenarnya mereka inginkan. Mereka terlalu memikirkan orang lain tantang diri mereka. Dan, dikarenakan sikapnya yang cenderung terlihat tidak tegas, mereka kerap tidak didengarkan atau ditanggapi dengan serius.
--Tipe ini juga engga terlalu SAG miliki, karena yang SAG pahami adalah; SAG itu kadang terlihat lembek dan itu alasannya kenapa SAG kadang gak didengar dan gak selalu dianggap serius.—

Diseparuh pertama kehidupan kita menguatkan karakter-karakter yang menonjol ini demi membangun suatu kepribadian yang kokoh, dan dibagian kedua kehidupan kita menguatkan karakter-karakter yang kurang menonjol itu sehingga menjadi karakter yang seimbang dan sempurna.

Asik gak sih pembahasan ini ? SAG aja yang udah baca masih penasaran kenapa bisa begitu ? kenapa ada tipe itu ? gimana cara menonjolkan tipe setengah dari 9 itu ? gimana menyeimbangkan semuanya tipe itu dalam diri SAG dan bagaimana bersikap dengan baik. Terima kasih untuk Buku ‘2 Menit Membaca PIkiran Orang’ ini yang masih jilid satu yang sangat membantu banget SAG untuk belajar sedikit tentang psikolog ini hihihi rada absurd sih anak Administrasi perkantoran belajar tentang Psikolog tapi gak apa-apakan untuk menambah ilmu. SAG menunggu jilid keduanya atau buku lain tentang Psikolog tanpa harus kuliah dengan jurusan tersebut hihi

Sekian review sedikit tentang buku yang telah SAG baca, semoga bermanfaat ya….

Komentar