Review - Friendship ( Thailand Movie ) (2008)


Pada suatu malam, kawanan yang tadinya 4 menjadi 5 itu pergi. Lam lupa untuk membawa minum yang membuatnya harus pergi mengambilnya sendiri, singh dan 3 temannya melanjutkan perjalanan kesebuah danau/ sungai. Namun pada saat berjalan pelan Lam dihadang oleh 2 motor yang salah satu dari mereka adalah Kong yang masih dendam dengan Lam karena pada saat itu telah membuatnya bonyok. Lam dipukuli, sampai dengan andalan Kong, ia mengeluarkan sebuah pisau yang kemudian ditusukkan keperut Lam. Dengan cepatnya Singh dan teman-temannya tidak bisa menolong sama sekali. Akhirnya Lam meninggal.

Sebelum ujian dimulai Mituna menemui Singh dan mengatakan dia akan pergi kesuatu tempat setelah Ujian, mituna menyelesaikan ujian dengan cepat lalu memberikan sebuah kertas yang dibentuk bunga marigold diatas tas Singh. Yang bertuliskan:

“Begitu banyak yang ingin aku katakana , dan aku memiliki buku persahabatan. Janji.”

Karena pada sebelumnya, Singh memberikan satu orang satu pada kawanannya, Jazz, Kanda untuk memberikan kesannya untuk disimpan pada buku persahabatannya.

Setelah corat-coret baju. Singh pulang kerumahnya dan menemukan bahwa barang-barang yang berada dirumahnya telah diangkat kesebuah mobil. Ia bertanya pada kakaknya, kakaknya mengatakan bahwa mereka akan pindah kepinggiran kota. Dengan sangat cepat Singh langsung berlari menuju rumah Mituna (Idkw) dengan sangat sedih setelah melihat rumahnya Mituna sudah sangat sepi, Singh lalu menuliskan sesuatu pada kertas yang kemudian diselipkan pada pager rumah Mituna.

Sehari kemudian ketika hasil ujian sudah terpampang pada mading, Singh dan Mituna sudah berjanji akan bertemu. Namun acara mendadak, temannya mengajak Singh untuk ikut minum sebagai perayaan. Karena terlalu banyak minum, bahkan Singh sampai tertidur karena terlalu banyak minum. Ketika beberapa jam kemudian Singh terbangun dengan kagetnya, kemudian Singh berlari menuju sekolah. Mencari Mituna yang sudah janjian akan bertemu disekolah sebelum ia pergi, Singh kemudian berlari menuju rumah Mituna yang sudah kosong, berlari lagi menuju tempat favorite mereka. Namun Mituna tidak datang juga sampai malam, sampai hujan turun. Dengan hujan yang turun, beberapa polisi menyenterinya. Ternyata salah satu dari polisi itu mengenali Ayah Singh. (Polisi mencari buronan yang hilang/ mencari Kong yang sebelumnya menjadi incaran polisi)

Reuni sudah terselenggara, ternyata Mituna tidak datang.

Disini sepenuhnya pada waktu Singh dewasa, Singh menjadi seorang photographer. Pada suatu kesempatan Singh ditugasi untuk meliput di pinggiran kota, Singh masih kagum dengan Marigold yang ia temui. Dan disitulah Singh bertemu dengan Ibu Mituna.
Mereka berbincang-bincang (tentunya mengguankan bahasa tangan) Singh sudah mahir.
Singh langsung pada intinya, ie bertanya kepada ibunya tentang keadaan Mituna. Ibunya menunjukkan dimana Mituna ada. Ternyata Mituna sakit keras (disini aku bingung mituna itu sakit apa sebenernya).

“Mengapa kau menyukai Marigold ?”

“Aku suka mereka, karena kau juga menyukainya”. Menggunakan bahasa tangan, berbaring diatas tempat tidur.

Singh sudah mengatakan sebelumnya bahwa ia akan menceritakan semuanya ketika mereka bertemu, singh menemani Mituna sampai mituna tertidur.
Pagi sudah menjelang.

“Aku akan memberitahumu apa alasanku mengambil pekerjaan ini,
Karena aku punya kesempatan untuk melakukan perjalanan keliling dunia.
Kemana pun aku pergi aku berharap aku akan menemukanmu, tetapi tidak ada wajah yang terlihat sepertimu. Kau harus bangga karena wajahmu sangat unik.
Dan sesuatu memberitahuku abhwa kita akan bertemu lagi….dan sekarang aku
Akhirnya menemukanmu”.





Disini aku bingung, ketika ibunya masuk dengan wajahnya yang sedih bersama saudara ibunya itu ada apa (?). Ibunya mengatakn bahwa Mituna meminta Ibunya untuk memberikan sebuah kota setelah Mituna pergi. (apa disini Mituna sudah meninggal ?) ibunya berkata mengguakan bahasa tangan.

Singh membuka kotak itu yang berisi sebuah buku dan kertas yang Singh berikan untuk melengkapi buku persahabatan.
Isi buku itu menceritakan :

“Aku bertemu dengan orang yang sangat penting bagiku, kamu telah menolong ibuku. Bunga yang kau berikan pada ibuku, aku selalu menyimpannya. Sekarang kamu tidak perlu bertanya lagi mengapa aku menyukai marigold.
Sampai jumpa pada hari kelulusan, aku ingin mengatakan sesuatu yang penting.

(pada saat itu Mituna hanya mengatakan ia akan pergi, seharusnya dia bilang kalau Mituna itu harus pindah rumah ke pinggiran kota, dan janji mereka setelah kelulusan itu, yang pada saat itu Singh malah asik minum-minuman)

Aku kesekolah, aku tidak bertemu denganmu, lalu aku pergi kerumahmu tidak ada siapapun.
Mungkin kita akan merindukan satu sama lain disekolah
Aku pergi ketaman, mungkin saja kau disana, karena ini adalah tempat favorite kita.
Aku menunggu sangat lama, dan aku berfikir kau tidak akan datang…
Mungkin kau menunggu disekolah…

(ketika mituna kembali berlari menuju sekolah ada sebuah motor yang dinaiki 3 orang itu memperhatikan Mituna, yang duduk ditengah itu adalah Kong, buronan yang sedang dicari. Sepertinya Kong punya niat jahat, tapi apa yang membuat mituna sakit keras ? apa Mituna diper**sa oleh Kong ?)

Aku begitu takut kita tidak bisa mengucapkan selamat tinggal
Aku memutuskan untuk pergi kesekolah lagi
Tapi aku tidak bisa, maafkan aku”.






Akhir yang menyedihkan. Mungkin dari film ini aku sadar bahwa dunia itu penuh dengan kejutan dengan rahasia, penuh dengan kebimbangan dan ketakutan. Bahwa manusia memiliki pengelihatannya, rasanya dan pendengarannya masing-masing, kita tidak tau apa yang terjadi diluar apa yang bisa kita ketahui dan dari film ini mengajarkan bahwa usaha belum tentu berhasil sepenuhnya dan seperti apa yang kita mau. Terkadang kenyataan tidak seperti apa yang kita mau.
Film ini pun settingannya unik, karena campuran. Dimana pada awal terjadi sekarang, munudr lagi, maju, mundur , dan yang terakhir sekarang.

Pokoknya film ini debes deh, walaupun film lama tapi tetep seru… rasa itu ngenaaaaaaa….. banget

Terima kasih yaa reader sudah mau membaca tulisan yang masih tersusun tidak rapih  ini, kalau masih penasaran seperti apa filmnya silahkan download, aku recommend banget film ini. tapi maaf yaaa aku tidak menyediakan link untuk downloadnya, karena aku masih belum pantas (dan bisa) untuk memasuki link dalam blog ini.

BTW keep stay yaa reader tercintakuhhhh……



Komentar