To much talk



Hai….

Dengan penuh penyesalan yang berulang-ulang ini maafkan aku yang masih belum bisa menghilangkan sepenuhnya pengaruh insomnia dalam hidupku, kau tau kenapa ? entahlah. Berkali-kali mencoba menghidarinya, berkali-kali juga aku gagal. Kau tau kenapa ? rasanya malam hari itu sangat sunyi, bukan! Tapi nyaman, bukan nyaman juga tapi waktu yang tepat untuk menyendiri. Bukan karena aku tidak perduli dengan kesehatanku, of course I do. Tapi disisi lain tentang insomnia yang kebanyakan ngayalnya ini membuat aku semakin banyak merenung, memecahkan masalah yang masih ada didalam otak, ngayal lagi, flashback, ngayal lagi dan ngayal lagi dan terkadang ide-ide bagus berdatangan entah kenapa. Dan katanya sih itu memang benar, otak jadi lebih aktif pada saat malam hari. Dan itu mungkin memang sebabnya aku jadi susah tidur ughhh…..

Ok… entah kenapa malem ini bawaannya mau cerita aja. Gak usah ngarepin dengar suara aku! Kalian akan sangat bingung jika mendengar cerita dari bibir dan lidahku yang terkadang bebelibet, suka kepeleset, lalu kepelintir. Ok lets talk about everything, tapi maaf jika disini aku selalu banyak omong karena didunia nyata tidak semudah itu untuk berbicara apa yang kita mau.

Malam itu adalah waktu yang sangat aku sukai, kau tau kenapa ? karena mungkin gelap adalah hal yang sama dengan perasaanku, pikiranku dan kehidupanku. memang kelam, semua orang tau itu. tapi dibalik kegelapan banyak orang yang tidak tau, mereka yang beranggapan bahwa gelap itu sangat tidak nyaman dan menyeramkan. Tapi disini bukan gelap yang sangat gulita, gelap yang penuh dengan rasa takut. Tapi yang aku maksutkan disini adalah gelap yang membuatmu membutuhkan dirimu sendiri, gelap yang hanya bisa mendengar apa yang kau ucapkan seolah kau sedang berbicara dengan orang lain, gelap yang membuatmu sadar bahwa terang itu hanya datang sesaat, gelap yang menunjukkan bahwa kamu itu berada diantara benderang dan gulita. dan malam adalah hal terindah, ketika langit yang gelap tapi berhiaskan bintang, bulan bila diangkasa dan lampu-lampu rumah yang bermacam-macam di bumi. Dan untuk dihati adalah lilin-lilin kecil harapan.

Dan hal yang sangat aku benci adalah hal yang dibenci juga oleh orang lain. Aku menyebutnya “Hidup seolah Mati”, ketika semua ketakutan berada dihatimu yang terkadang bangun kemudian tidur lagi, yang ketika ketakutan bangun membuat kamu seolah-olah gila tanpa kamu sadari. Aku takut sendirian, walaupun aku tau pada akhirnya aku akan sendiri dialam kubur, aku takut diabaikan karena pada kenyataanny aku mengalami itu, aku takut tidak dicintai dan tidak dibutuhkan karena aku tau tanpa disadari itu membuat sebagian orang memilih untuk bunuh diri, aku takut kehilangan yang pada akhirnya aku akan kehilangan satu persatu orang yang aku cintai. Aku tau seharusnya perasaan takut itu dibuang jauh-jauh, tapi aku dan mereka tau membuang rasa takut itu tidak semudah mengucapkannya. Butuh perjuangan yang ekstra dan ikhlas yang sangat sulit, dan ketakutan itu akan menjadi 2 hal yang berlainan. Yang pertama membangunmu menjadi manusia yang kuat atau malah sebaliknya.

About happiness. Semua orang punya kebahagiaannya masing-masing, punya alasanny masing-masing. Aku tidak punya kebahagiaan yang pantas untuk dibagi, dan itu membuatku sedih dan memang karena aku tidak bisa dengan mudah bercerita secara langsung karena aku sedikit sulit  dan tidak terbiasa bercerita secara langsung. Lalu aku mensiasatinya dengan mendengarkan setiap cerita yang mereka bagikan kepadaku, mereka bica bercerita bermacam-macam masalah. Kebahagianku disini, aku dapat memberikan pendapatku, pandanganku, dan komentarku untuk semua cerita yang mereka ceritakan padaku. Memang penuh dengan iri melihat mereka dengan mudahnya menceritakan masalah mereka dengan baik, sedangkan aku sulit sekali seperti itu. dan kebahagiaanku adalah bersama mereka yang selalu mau untuk berbagi tanpa pernah memintaku untuk berbagi, padahal disisi lain aku ingin sekali berbagi, berbagi semuanya tapi aku tidak pandai berbicara. Aku hanya dapat mengetik ini pun tidak terlalu bagus.

My problem is always my problem. Sama dengan kesenanganku, aku sulit mengatakan masalahku, aku hanya memilih bungkam untuk tidak mengatakannya pada siapapun, siapapun! Kecuali menulis dan mengetik. Dengan masalah yang tiap kali datang semuanya berimbas dengan orang-orang yang dekat denganku. Aku terlihat mengerikan saat diam, aku terlihat mengerikan ketika tidak mengatakan apapun bahkan bergerak, aku menjawab dengan nada yang membuat orang lain enek.

But don’t forget, I have still more dream. So many dream.
Seperti kebanyakkan mimpi (dalam tidur) yang hanya mustahil untuk jadi kenyataan. Aku ingin menjadi seorang designer pada awalnya, semenjak kelas 5 SD seingatku ketika buku tulisku penuh dengan gambar princess duyung yang terinspirasi oleh Ariel yang pada saat itu sedang booming. Yang kemudian ingin menjadi seorang pengusaha coklat, berharap aku dapat membagikan kebahagiaan kepada orang-orang yang memakan coklat yang aku produksi. Kemudian berharap menjadi seorang arsitek, aku ingin membangun rumah, benar-benar rumah sesuai dengan apa yang aku inginkan. Kemudian aku ingin sekali menjadi seorang penyanyi professional, aku pernah bermimpi menjadi penyanyi rock you know ? really crazy! Aku ingin membuat sebuah lagu yang penuh dengan cerita didalamnya, penuh dengan semangat dan hal-hal yang membuat orang-orang selalu senang dan bahagia bila mendengarnya. Aku ingin menjadi designer busana, entah kenapa ini terlintas tapi aku ingin sekali mengenakan pakaian yang aku rancang sendiri, melihat artis artis besar memakainya dan aku sangat bangga bila melihatnya. Kemudian menjadi seornag photographer, kenapa ? karena aku bisa berkeliling dunia, mengabadikan moment yang akan menjadi kenangan yang tidak terlupakan, mengabadikan semuanya hanya dari sebuah foto kecil yang penuh makna dan cerita. Kemudian aku ingin sekali menjadi seorang penulis, menulis semua hal yang berkaitan denganmu, menulis semua kejadian yang pernah terjadi dan memberi pelajaran kepada orang lain, berbagi cerita indah dan sedih hanya dalam sebuah buku yang habis terjual. Kemudian aku ingin sekali menjadi artis, still crazy! Aku ingin sekali terkenal, ya walaupun dengan wajah yang pas-pasan, aku ingin menjadi orang lain, berkeliling dunia, menjadi sorotan kamera, menjadi motivasi untuk orang yang menonton dan menjadi hal yang selalu diperbincangkan tentang karya yang selalu terukir. Kemudian cita-citaku adalah menjadi seseorang yang kau cintai….

Banyak sekali mimpi, tapi wajar yaa aku masih mencari apa yang aku sukai dan aku cintai…


Dan kemudian tentang hidup yang tidak selalu mudah….
Mungkin kata pepatah “semakin tinggi pohon akan semakin banyak angina yang menerpanya” so… aku akan seperti itu. “Akan ada sebuah tangga yang terbuat dari apa yang ada didalam hatimu, bila apa yang ada dihatimu rapuh maka apa yang kau pijak juga akan rapuh. Kau akan sampai pada tiap lantai yangakan terus membawamu kepada ujung dimana semuanya akan berawal dari awal lagi” dan apa yang mereka sebut hidup adalah sebuah misteri yang tidak akan terpecahkan, kecuali kau berada disana, disudut pandang segalanya dank au tau segalanya. Dan hidup tidak akan pernah mudah untuk orang yang terus berusaha untuk mendapatkan kehidupannya…

Komentar