I'm Stronger Than Depression | Cara Menghindari Depresi











Hai readers setiaku……
Yang masih menyempatkan waktu luang luang kalian atau waktu yang sudah terisi ataupun iseng-iseng untuk membaca updatean blog-ku ini….

Kali ini saya ingin membahas tentang perasaan, tapi kali ini bukan tentang perasaan saya jadi tenang saja yaa kali ini memang bukan sesi curhatan saya hihihihihi. So saya harap dengan menulis, mungkin bisa disebut artikel kali ya dapat membantu readers setiaku ini dan memberikan informasi juga yang sudah saya rangkum dari beberapa sumber menjadi 1 tulisan ini.
Jadi untuk kalian yang sedang atau yang tidak semoga tulisan ini bermanfaat, so check this out………

DEPRESI

Siapa sih yang tidak tau depresi ?  dan siapa sih yang tidak pernah merasakanya ?. Bagi manusia yang hidup dengan segara macam permasalahan dalam kehidupan ini pasti pernah merasakan rasanya depresi itu bukan ?, Apa sih depresi itu ? depresi adalah suatu kondisi yang lebih dari suatu keadaan, adapun sampai menyebabkan terganggunya aktivitas sosial sehari-hari dalam kehidupan terutama pada orang-orang yang berada pada lingkaran kehidupan kita. Maka hal itu disebut sebagai suatu gangguan depresi.
Ada beberapa hal yang dapat kita kenali sebagai gejala atau memang ciri-ciri orang yang tengah merasakan depresi berikut adalah cara mengenalinya :


  • -          Perasaan putus asa

  • -          Meningkat atau menghilangnya selera makan

  • -          Insomnia
  • -          Plin-plan atau bahkan sulit membuat keputusan
  • -          Sering kali menangis
  • -          Membuang waktu dengan berdiam diri
  • -          Lesu, lelah, tidak tertarik kepada apapun
  • -          Ketakutan yang  berlebihan
  • -          Segala sesuatu tampak seperti berita buruk
  • -          Kekebalan tubuh terhadap menyakit rendah
  • -          Merasa rendah

  • -          Menjadi sangat lamban untuk bertindak
  • -          Semangat yang menurun
  • -          Kehilangan minat terhadap semua hal
  • -          Kegelisahan


Adapun beberapa factor terjadinya depresi :


  • -          Factor Organobiologis, karena ketidak seimbangan neurotransmitter di otak terutama serotonin

  • -          Faktor Psikologis, karena tekanan beban psikis yang terjadi dalam situasi sosial dalam kehidupan sehari-hari.

  • -          Faktor Sosio-lingkungan misalnya karena masalah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari

  • -          Factor keadaan emosi yang terkadang sulit dikendalikan terutama tekanan psikis


Depresi pada setiap orang berbeda-beda tergantung pula pada ketahanan mental maupun cara berfikir orang yang tengah mengidap depresi ini, jadi pada dasarnya depresi adalah perasaan yang mendasar pada setiap manusia yang awalnya bermula pada rasa takut yang berlebihan pada sesuatu hal atau kejadian yang terjadi.



Saya akan memberikan beberapa tips-tips untuk membantu kamu menanggulangi atau mencengah terjadinya depresi, berikut adalah tips tipsnya :


  • -          Mengakui bahwa diri kamu mempunyai masalah

Mungkin hal ini yang paling sulit, mengapa ? karena beberapa orang memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah membuat diri mereka sulit mengakui bahwa mereka memiliki masalah dan membuatnya terkadang ingin lari dari masalah atau bahkan sangat merasa putus asa dan tidak berbuat apa –apa. Apa yang kemudian terjadi jika kita tidak mengakuinya ? kita malah akan tenggelam dan terjerumus dalam lubang yang dalam yang kita gali dengan keputus asaan dan cara kita keluar  adalah dengan tangga kepercayaan diri. Jadi teguhkan hati dan kepercayaan diri pada diri sendiri dalam menghadapi masalah.


  • -          Menerima apa pun yang terjadi sekarang

Mungkin menerima kebaikan sangat mudah malahan banyak orang yang menginginkannya tanpa diberi, tapi bagaimana dengan menerima kenyataan yang pahit. Jangan berusaha mencari tahu “Mengapa saya  ? Apa yang telah saya lakukan sehingga hal ini terjadi kepada saya ?”. kamu mungkin tidak akan pernah tahu mengapa hal itu terjadi kepada kamu. Yang paling penting adalah menerima apa pun yang terjadi sekarang dan percaya bahwa hal itu tidak akan berlangsung selamanya.


  • -          Bertanggung jawab atas perasaan kamu

Ketika kamu sedang sedih, hargai kesedihan kamu baik kesedihan sepanjang hari maupun beberapa jam. Jangan berkubang di dalam masalah, tetapi, juga jangan menutupinya. Kapuasan kamu lebih penting daripada memaksakan kegembiraan. Menjadi picik hanya akan membuat kamu menjauh dari perasaan kamu. Tetap bersentuhan dengan perasaan kamu,tetap berada di dalam tubuh kamu, jangan melarikan diri dengan memikirkan masa lalu atau masa depan. Tetap berada di masa kini dan hadapi saja di mana pun kamu sekarang dan bagaimana pun perasaan kamu sekarang.


  • -          Mendengarkan music

Begitu banyak pemikiran tiap orang yang sangat berbeda, ada beberapa orang yang memilih hal negative adapun yang memilih hal yang positif. Mungkin bagi saya pelarian yang tidak menimbulkan efek adalah mendengarkan music, apa pun genre music yang kamu sukai, dengarkanlah. Bukan asal dengar, tapi dengarkan dengan baik setiap music yang diputar. Dengarkan ritmenya, melodynya, liriknya atau bahkan getaran yang dibuat oleh music itu sendiri. Biarkan dirimu masuk dalam music itu, dan biarkan music masuk dalam diri kamu.


  • -          Belajarlah hal-hal baru

Kamu butuh semangat baru bukan ? butuh gairah dalam hidup ini ? butuh sesuatu yang membuatmu merasa hidup kembali ? melepaskan tekanan dalam diri ?. Tunggu! Banyak hal yang sebenarnya belum kita ketahui tentang dunia ini, jadi bagaimana kalau kita mencari hal-hal baru dalam hidup. Jika kamu tertarik atau menyukai sesuatu, kejarlah, dapatkan, dan cari jalan untuk menikmatinya. Tapi jangan cari yang lain yaa… L


  • -          Menangislah, keluarkan semuanya

Apakah kamu laki-laki atau pun perempuan, tua atau muda, tidak ada hal yang lebih penting daripada menangis jika kamu merasa ingin menangis. Jangan menahannya, biarkan perasaan itu keluar yaa seperti misalnya mengatakan rindu hihih biarkan itu keluar dari dirimu. Air mata mampu meringankan beban dalam dirimu, dari pikiran yang runyam, hati yang tertekan dan mengeluarkan perasaan kamu yang sedang kacau.


  • -      Carilah orang yang mau mendengarkanmu

Carilah orang yang mau mendengarkan keluh kesahmu, bukan orang yang malah membuatmu mendengarkannya dengan masalahnya. Itu bukan hal yang baik, malah akan membuat kamu makin merasa tidak didengarkan, tidak dihargai, dan tidak diinginkan. Jadi carilah orang yang ingin membantu kamu dengan menjadi pendengar yang baik, mungkin mereka tau mereka tidak akan banyak membantu tapi dengan menjadi pendengar yang baik dan pemberi nasihat yang meyakinkan kamu akan merasa kamu tidak sendirian ketika mengalami masalah. jadi carilah orang itu dan ceritakan apa yang kamu rasakan. Apakah orang yang aku maksut itu kamu ?


  • -          Serahkanlah pada Sang Pencipta

Mungkin kamu pun tidak bisa disalahkan sepenuhnya dan kamu pun tidak bisa menyalahkan Tuhan bukan ?. kamu akan merasa sangat aman dan nyaman ketika kamu menyerahkan segalanya keapda Sang Pencipta tapi bukan berarti kamu menyerahkan semuanya tanpa apapun yaa…. Kamu  juga harus berusaha tanpa melupakan berdoa tentunya. Jadi untuk masalah Tuhan sesuai dengan  kepercayaan masing-masing, keikhlasan masing-masing, niat yang baik masing-masing dan ingat bahwa Allah adalah tempat dimana kamu memohon, meminta dan berserah karena Allah-lah Sang Pencipta segalanya yang ada didunia ini.


Dan dengan ini lah saya sebagai yang mengetik yang dapat disebut dengan artikel ini memberikan informasi yang berharap dapat bermanfaat bagi readers semuanya, dan bagi yang sering menderita depresi baik yang masih pemula atau yang sudah berpengalam semoga sembuh dan mendapat semangat yang baru utnuk menjalani hidup ini. demikian tulisan ini saya buat semoga dapat menjadi referensi untuk kalian yang sedang depresi hihihihi jangan sampai depresi membuat kamu down yaa… depresi seharusnya membuat kamu menjadi manusia yang lebih tangguh dan menjadi manusia yang lebih baik.

So thank you sudah membaca tulisan ini…. see you in next post yaaa guys…..


Sumber Wikipedia dan buku Life Smart :)





Komentar