Kita Berkomunikasi Yuk !!!





Hai readers semua yang ana cintai dan semoga yang Allah cintai juga, gimana kabarnya hari ini ? masih lancar toh puasanya sampai pertengahan bulan puasa ini ? semoga ya lancar terus puasanya sampai nanti menuju kemenangan, aamiin.

Kali ini masih sama dengan postingan yang lain, yang garing, yang semestinya engga dibaca karena memang gak seru. Tapi untuk antum yang masih baca juga ana ucapkan terima kasih ya masih mau baca walaupun entah nanti hasil kesimpulannya seperti apa nanti tapi makasih dan keep reading ya readers semua….

Kali ini ana akan membicarakan tentang hal yang pasti semua orang lakukan, entah secara sadar maupun tidak sadar. Hal yang dapat mempererat maupun malah mambuat semuanya semakin kacau, tapi dibalik kekacauan itu banyak hal yang pada akhirnya kebuka semuanya dengan hal itu.
Yap!! Komunikasi. Siapa sih yang engga tau komunikasi atau bahasa lainnya berbicara dengan orang lain. Komunikasi adalah hubungan antara makhluk hidup yang saling berkaitan kegiatannya, ada dua metode dalam berkomunikasi yaitu verbal dan non verbal. Komunikasi adalah cara agar dapat terus berhubung dengan orang lain, saling menguntungkan satu sama lain.

Apakah kalian tau 4 syarat terjadinya komunikasi ? engga tau ?, Ok ana akan memberitahu kalian 4 syarat terjadinya komunikasi.
Komunikator : komunikator adalah seseorang pertama kali/ memberi pesan terhadap pihak kedua/ komunikan
Komunikan : komunikan adalah seseorang yang kedua yang menerima pesan dari pihak pertama/ komunikator
Pesan : pesan adalah bisa berupa permintaan, penjelasan, informasi maupun hal yang lain yang akan membuat komunikator dan komunikan berkomunikasi satu sama lain.
Media : media adalah alat atau benda yang menjadi perantara  antara komunikator dan komunikan jika tidak bisa bertemu secara langsung.

Lalu kalau kita sebagai komunikator siapa saja yang akan menjadi komunikan sebagai penerima pesan ?
Jawabannya adalah Siapapun. Bisa saja anggota keluarga, teman, rekan kerja, maupun orang yang baru akan kita kenal atau pun orang asing. Pokoknya banyak orang kalau memang antum sebagai seorang informan.

Tapi untuk apa kita berkomunikasi ?
Kebayang gak sih kalau di dunia ini makhluk hidup engga ada komunikasinya satu sama lain ? kebayang gak ? kalau ana kebayang. Dunia berasa hidup sendiri, hanya penduli pada diri sendiri, uhhh…. Serem deh pokoknya. Sama halnya dengan, pacaran jarak deket tapi engga komunikasi, kebayang anehnya ? kwkwkw banget kan. Apalagi yang LDR lebih serem, dan yang paling horror didunai adalah yang jomblo! Dia komunikasi sama siapa coba ? wkwkwk.

Mungkin untuk berkomunikasi tidak mengenal tempat, siapa saja, dan kapan saja. Kenapa gak kenal tempat ? karena antum dan dimana pun antum, antum akan bertemu dengan banyak orang dan dari banyak orang itu antum pasti akan berinteraksi dengan mereka lalu terjadilah komunikasi. Sama halnya dengan sebelum antum tidur, bangun tidur, ngaca, termenung dan didalam to*let. Antum itu sedang berbicara dengan diri antum sendiri, dari yang ngomongoin kebiasaan antum yang antum sendiri gak sadar, merenung kesalahan antum, sampe berkhayal yang tidak mungkin. Antum juga pasti pernah atau selalu berkomunikasi dengan diri antum sendiri.

Komunikasi memang tidak selalu bernilai positif, terkadang dibeberapa komunikasi akan berakhir dengan tidak sepakat karena memang tidak bersatunya pikiran yang berbeda. Komunikasi yang hanya satu arah saja, membuat si komunikator yang menyampaikan pesan menjadi jengkel karena tidak ada timbal baliknya. Ada pula komunikasi yang memiliki timbal baliknya namun buruk karena, karena memang salah satu dari mereka salah pengertian membuat gak nyambung dan malah tidak mencapai tujuan komunikasi yang baik.

Memang semua orang berhak untuk menjalin komunikasi, dan itu memang hak semua orang. Jadi tetaplah menjalin komunikasi yang baik dengan banyak orang. Berbicara yang baik kepada diri sendiri juga kepada orang lain, menjadi komunikator dan komunikan yang baik yaa…. dan terus jaga komunikasi karena berkaitan dengan masalah bersilahturahmi hihihi

Mungkin sekian dari ana untuk postingan kali ini, semoga bermanfaat dan semoga readers semua sehat selalu yaa….

See you next time guys…..

Komentar