Day 13 | How Could You ?





Setelah bertahun-tahun hidup dalam khayalan dan terkurung disana, dia membebaskan aku dan menyembuhkan beberapa luka yang sempat diperparah waktu. Seperti membersihkan bagian-bagian yang telah usang untuk layak disinggahi lagi hanya dalam beberapa bulan, untuk lebih memilah kembali beberapa orang yang dapat menempati tempat yang seharusnya dan hidup didalam dunia nyata, bukan dalam khayalan dan terus menerka-nerka. Melihat dengan mata terbuka apa yang tengah terjadi, bukan apa yang ingin aku inginkan tapi orang itu tidak menginginkannya. Ya ini adalah sebuah perjalanan hidup, dimana seseorang datang kedalam kehidupanmu hanya sekedar untuk menguji kesabaran juga seberapa berusahanya kita kemudian semua ditangan mereka ingin tetap tinggal atau memilih untuk pergi.  

Mungkin terkadang kita sangat mudah untuk membiarkan seseorang untuk masuk kedalam kehidupan kita, karena kita butuh seseorang untuk menjadi hal baru yang akan kita pelajari dan hidup akan terus memberikan kita orang-orang baru yang akan melakukan tugasnya untuk menguji kita. Namun disisi lain, kita sangat sulit memasukkan orang-orang kedalam kehidupan kita, bukan hanya sekedar masuk tapi juga memasuki ruangan dimana seseorang sudah diperbolahkan tau banyak tentang kita. Menolak beberapa orang dengan terkaan yang terkadang bisa salah.

Dan aku tidak menyadarinya, membiarkan kamu masuk dan terus masuk ketempat khusus yang telah aku sediakan. Kebanyakkan orang mungkin akan menyadarinya, bersiap membuatkan benteng agar seseorang tidak masuk terlalu jauh dan berkemungkinan membuat ulah yang akan memporak-porandakan tempat khusus itu. itu terjadi padaku.

Setelah beberapa larut dalam kegelapan, dicengkram oleh dinginnya malam, ternyata menebak perasaan seseorang adalah hal yang salah. Aku tak sepenuhnya menebak perasaan Rangga, aku sempat memberitahunya beberapa kali tentang apa yang aku rasakan dalam kata lain aku telah berusaha dan bersabar untuk menunggunya. Dan pada akhirnya aku telat untuk menyadari bahwa dia telah memilih untuk pergi meninggalkan semua impian dan mimpi yang pernah aku bangun dengannya. Begitu pun tentang Kak rendy yang rasanya hanya sebuah pengalihan perasaan ku terhadap rangga sama halnya dengan Kak reno.

Tapi kemudian beberapa hal berubah, beberapa hal memang berubah. Tidak hanya beberapa hal, rasanya semua hal berubah ketika aku menyadari perasaan ini tumbuh tanpa control dan aku sangat bersyukur aku tidak terlambat menyadari bahwa aku harus berusaha dengan keyakinan yang terus bertambah. Kak reno memberikan pertanyaan yang membuat aku mengerti bahwa aku tidak lagi tinggal dimasa lalu, masa-masa gelap nan kelam. Dan memberikan aku sebuah jaminan, yang membuat semuanya benar-benar berubah.

Entah bagaimana kamu dengan mudahnya masuk kedalam kehidupanku ? dengan hal yang bisa dikatakan biasa saja. Entah bagaimana kamu bisa masuk kedalam tempat dimana hanya beberapa orang saja yang dapat memasukinya, apa kamu memiliki effect sehingga aku dengan begitu mudahnya memasukkan kamu kedalam daftar orang-orang yang aku sayangi.

Apa aku terlalu lama tinggal dalam dunia khayalanku ? termakan dongeng indah dalam cerita fiktif yang penuh dengan drama yang menyedihkan. Tinggal lama dalam gelap yang membuat aku harus terus mengetik karena hanya dengan cahaya mampu membuat malamku tidak terlalu gelap, dan lihatlah aku telah menulis tulisan yang mungkin Rangga baca dan dia hanya membacanya dan beberapa kali bertanya dalam nama anonymous. Entah seberapa pengaruhnya malam dengan ide-ide sedih yang tiba-tiba muncul.

Dia memberikan aku lebih dari cahaya layar pada malam hari pada saat aku mengetik, dia memberikan aku cahaya yang sangat kuat untuk aku terus membuka mataku. Cahaya matahari. Entah bagaimana aku mendapatkan ide untuk menamaimu dengan Matahari, namun kamu berhasil membanngunkan aku dari dunia khayalan itu dan hidup dengan keadaan sadar. Mungkin kamu tidak akan menyadarinya betapa aku telah lelah dengan malam yang begitu gelap dan dingin,dan betapa aku sangat senang telah bertemu denganmu dan mencairkan kebekuan ini.

Beberapa kali kamu tidak selalu matahari yang menghangatkan, kamu bisa sangat dingin dan menghilang ketika beberapa awan gelap mulai datang. Dan kamu tidak menyadari banyak sekali paying yang terkadang datang hanya sekedar ingin melindungi aku dari hujan, dan disana aku merasa aku sangat membutuhkan mu.

Seperti beberapa orang yang sudah terlalu lama teracuni oleh rasa kesepian dan kesunyian, mereka akan sangat senang. Mereka akan sangat senang jika seseorang mampu membuat mereka keluar dari tempat yang perlahan dapat membutuh mereka, mereka sangat membutuhkan hal baru dalam hidup. Dan begitu pun aku.

Seperti doa para menemu yang akhirnya mereka menemukan apa yang mereka cari dan mereka butuhkan, tetap seperti ini namun menuju hal yang lebih istimewa lagi. Terus berusaha menjadi lebih baik namun tetap bersama, walaupun mereka terkadang lupa bahwa mereka tidak akan tau apa yang akan terjadi esok.

Aku harus terus bersabar melewati rintangan untuk terus mempertahankan apa yang aku yakini benar dan aku haru terus berusaha untuk terus melanjutkan jalan yang tengah aku tempuh karena, aku sama sekali tidak dapat memprediksikan apa yang akan terjadi disepanjang jalan. Terima kasih telah menjadi hal yang mampu membuat aku lepas dari kebekuan, kesunyian, kesepian dan membantu aku untuk merasa hidup bukan dalam khayalan lagi.

Terima kasih telah menjadi matahari yang selalu mengawali hariku dan ketika malam datang aku selalu tau kau akan tetap disini karena, aku dapat melihat sinarmu pada rembulan sampai aku menemukan sinarmu lagi esok…

Dan rasanya Kak reno tidak menyadari itu….


#NulisRandom2017

Komentar